Implementasi Model Diskusi Kelas pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah pada Peserta Didik SMA

Authors

  • Salsabil Aliyah Putri Rahma Universitas Negeri Surabaya
  • Suliyanah Suliyanah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p100-108

Keywords:

Model Diskusi Kelas, Kemampuan Argumentasi Ilmiah, Gelombang Cahaya.

Abstract

                                                                                                          Abstrak

          Fisika merupakan bagian dari sains atau ilmu pengetahuan alam, sehingga aktivitas berargumentasi menjadi krusial pada aktivitas pembelajaran fisika dalam kelas. Oleh karena itu, untuk membentuk suatu argumentasi yang berkualitas baik, peserta didik diharuskan dapat mengaitkan ilmu pengetahuan yang satu dengan lainnya. Kemampuan peserta didik untuk membangun argumen yang kuat merupakan komponen penting dari pemahaman konseptual yang akurat. Maka perencanaan pembelajaran yang efektif yang mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik setiap peserta didik diperlukan untuk membantu mereka lebih memahami konsep dan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan pembelajaran fisika setelah penerapan model diskusi kelas pada materi gelombang cahaya; (2) peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik setelah penerapan model pembelajaran diskusi kelas; serta (3) respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah true-experimental dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t berpasangan, uji-t satu pihak, serta perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran diskusi kelas di kelas XI di SMAN 1 Waru pada materi gelombang cahaya terlaksana dengan sangat baik. Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik mengalami peningkatan yang tergolong tinggi, dengan nilai n-gain sebesar 0,735 pada kelas eksperimen. Respon peserta didik terhadap penerapan model diskusi kelas sangat baik dengan rata-rata persentase respon mencapai 94%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran diskusi kelas mampu meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi gelombang cahaya.

 

Kata Kunci: Model Diskusi Kelas, Kemampuan Argumentasi Ilmiah, Gelombang Cahaya.

 

                                                                                                      Abstract

                                Physics is a branch of science or natural science, making argumentation crucial in classroom physics learning activities. Therefore, to form high-quality arguments, students are required to connect one area of knowledge with another. The ability of students to build strong arguments is an important component of accurate conceptual understanding. Thus, effective lesson planning that considers the needs and characteristics of each student is necessary to help them better understand concepts and material. This study aims to describe: (1) the implementation of physics learning following an implementation of the classroom discussion model on the topic of light waves; (2) the improvement of students' scientific argumentation skills upon implementing the classroom discussion model; and (3) the students' response to the implementation of this teaching model. This research employed true-experimental design with pretest-posttest control group design. Data were collected through testing, questionnaire, and observation. Paired sample t-test, independent sample t-test, and normalized gain ( n-gain) analysis were employed in the data analysis. The research results show that the implementation of the classroom discussion learning model in the XI class at SMAN 1 Waru on the topic of light waves was carried out very well. The students' scientific argumentation skills showed a significantly high improvement, with an n-gain score of 0.735 in the experimental class. The students' response to the application of the classroom discussion model was very positive, with an average response percentage reaching 94%. Based on these results, it can be concluded that the implementation of the classroom discussion learning model can enhance students' scientific argumentation skills on the topic of light waves.

 

                      Keywords: Classroom Discussion Model, Scientific Argumentation Skills, Light Waves.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acar, O. & Patton.(2012). Argumentation and formal reasoning skillsin an argumentation-based guided inquiry course. Procedia - Social and Behavioral Sciences V (46): 4756 – 4760.

Amiroh, & Admoko, S. (2020). Pengembangan keterampilan argumentasi ilmiah melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(2), 78–87

Anwarudin, G. A., & Admoko, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Untuk Meningkatkan Argumentasi Ilmiah Materi Getaran Harmonis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3), 804-809. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika

Anwarudin, R. (2015). Pembelajaran argumentasi ilmiah dalam konteks pendidikan sains. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 54–61

Anggraeni, D. M., & Pajaga, I. A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Bagi Mahasiswa Calon Guru. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(2), 60–68. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n2.p60-68

Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Deta, U. A. dan Suprapto, N. (2012) “PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISKUSI DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), pp. 30–36. https://doi/10.26740/jpfa.v2n1.p30-36.

Deta, U. A., Yanti, V. K., & Mahtahari, S. (2021, February). The scientific argumentation profile of annular solar eclipse phenomenon June 21st 2020 of physics undergraduate student in Universitas Negeri Surabaya. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1796, No. 1, p. 012103). IOP Publishing.

Deta, U.A., Fadillah, R.N., Ria Agustina, P.Z., Prakoso, I., Nurlailiyah, A., Saregar, A., Misbah, & Lestari, N. A. (2020). The Scientific Argumentation Profile of Earthquake Mitigation of Non Science Undergraduate Student in Universitas Negeri Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012037. https://doi/10.1088/1742-6596/1796/1/012103

Dulim, A. Y., & ., M. (2022). Penerapan Model Argumentasi Driven Inquiry ( ADI) Dengan Bantuan PhET Simulation Untuk Melatih Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMA Pada Topik Gas Ideal. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 20–28.

Edelweiss, M. P., Deta, U. A., Nurlailiyah, A., Ain, T. N., Misbah, M., & Saregar , A. (2024). Physics Community Services: Analisis Bibliometrik dari Tahun 1965 Hingga 2023 dan Dampaknya Terhadap Bidang Fisika. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n1.p25-34

Erduran, S., Ozdem, Y., & Park, J. Y. 2015. Research trends on argumentation in science education: a journal content analysis from 1998–2014. International Journal of STEM Education, 2(5), 1-12.

Epriliyani, E. W., & Deta, U. A. (2025). The Influence of the Argument-Driven Inquiry Learning Model in Physics Learning with the STEAM Approach on the Scientific Argumentation Ability. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 14(1), 6-10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika

Fenditasari, D. (2018). Efektivitas model pembelajaran diskusi kelas terhadap peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 11–19.

Fuadah, M. I., Mubarok, H., & Suliyanah, S. (2023). The Effect of Argument Driven Inquiry (ADI) Model on the Scientific Argumentation Ability of High School Students on the Topic of Light Waves. International Journal of Research and Community Empowerment, 1(2), 53–61. https://doi.org/10.58706/ijorce.v1n2.p53-61

Herlanti, Y., Rustaman, N. Y., Rohman, I., & Fitriani, A. (2012). Kualitas Argumentasi pada Diskusi Isu Sosiosaintifik Mokrobiologi Melalui Weblog. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2), 168-177 http://journal. unnes.ac.id/index.php/jpii.

Herlina, N., Prapti, N. W., & Murni, N. S. (2019). Efektivitas metode diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains, 7(3), 173–178.

Halim, A., Suriana, S., & Mursal, M. (2017). Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/1.03101

Herlina, N., Prapti, N. W., & Murni, N. S. (2019). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains, 7 (3), 173–178.

Hikmah, N.Z., & Suprapto, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Tipe Buzz Group untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas X MIA Materi Usaha dan Energi. Inovasi Pendidikan Fisika, 8 (2), 608-612. . https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika

Inch, E.S., Warnick, B. & Endres, D. (2006). Fifth edition critical thinking and communication, the use of reason in argument. Boston: Pearson Education, Inc.

Irvan, M., & Admoko, S. (2020). Pembelajaran diskusi kelas untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi gelombang cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(3), 202–210.

Istyowati A., Sentot K., & Hpenggunayanto S. (2017). Analisis Pembelajaran dan Kesulitan Peserta didik SMA Kelas XI Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017.

Ni'mah, F. (2020). Research Trends of Scientific Literacy jippin Indonesia:. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5 (10), 23-30.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur'an, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187.

Osborne, J. (2010). Arguing to learn in science: The role of collaborative, critical discourse. Science, 328(5977), 463–466.

Rachmawati, Y., & Rosy, B. (2020). Penerapan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 141–150.

Ramandani, R., Lestari, N. A., Budiarto, E., & Uulaa, R. F. R. (2023). Problem Based Learning Modules in Environmental Education to Improve Problem Solving Ability. International Journal of Research and Community Empowerment, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.58706/ijorce.v2n1.p1-13

Roshayanti, F., & Rustaman, N.Y. (2013). Pengembangan Asesmen Argumentatif untuk Meningkatkan Pola Wacana Argumentasi Mahasiswa pada Konsep Fisiologi Manusia. Bioma, 2 (1), 85-100.

Sudarini, C., Susanti, F. M., Misbah, Deta, U. A., & Admoko , S. (2022). Profil Level Argumentasi Topik Hujan Es di Surabaya pada Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p33-39

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprapto, N. (2019). Demographic sources as a local wisdom: Potency of Indonesian physics education researchers in conducting survey research. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012003

Toulmin, S. E. (1958). The Uses of Argument. Cambridge University Press, Cambridge.

Toulmin. (2003). Good Reasoning on the Toulmin Model. Argumentation, 19(3), 373–391. https://doi.org/10.1007/s10503-005-4422-y

Utami, Putri Q., et al. "Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 7, no. 4, 1 Apr. 2022, pp. 122-129, doi:10.17977/jptpp.v7i4.15217.

Yuanata, B. E., Artanti, K. P., Saregar, A., & Deta, U. A. (2022). Profil Keterampilan Ilmiah Peserta Didik pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) dalam Memahami Konsep Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1-6. https://journal.edupartnerpublishing.co.id/index.php/JIPP/article/view/1

Downloads

Published

16-09-2025

How to Cite

Rahma, S. A. P., & Suliyanah, S. (2025). Implementasi Model Diskusi Kelas pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 14(2), 100–108. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p100-108

Issue

Section

Filsafat dan Kurikulum Pembelajaran Fisika
Abstract views: 156 , PDF Downloads: 78

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.