STRATEGI MEWUJUDKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK INSTRUMEN POKOK GESEK MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Johana Natalia Mawarni Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v11n2.p219-239

Kata Kunci:

Strategi, Kreativitas, Hasil Belajar, Evaluasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi mewujudkan kreativitas belajar siswa selama wabah pandemi Covid-19 dengan pembelajaran daring pada praktik instrumen pokok atau disingkat PIP gesek di SMKN 12 Surabaya. Isi dalam penelitian mengkaji hasil belajar dan evaluasi dari strategi guru yang diterapkan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara ditambah kajian dokumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan model interaktif analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam mewujudkan kreativitas  di masa pandemi berfungsi penuh terhadap hasil belajar. Metode pembelajaran proyek yang digunakan guru berfokus pada siswa sehingga siswa mampu mencari sumber belajar secara mandiri, memahami materi dan mempresentasikan hasil belajar dengan baik. Evaluasi hasil belajar digunakan untuk mengetahui kedalaman siswa dalam memahami materi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-12-14

Cara Mengutip

Mawarni, J. N., & Handayaningrum, W. (2021). STRATEGI MEWUJUDKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK INSTRUMEN POKOK GESEK MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 219–239. https://doi.org/10.26740/jps.v11n2.p219-239

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 146 , PDF Downloads: 290

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.