Kecenderungan Online Impulsive Buying Ditinjau dari Jenis Kelamin

Authors

  • Elvil Manik Rinonce Universitas Negeri Surabaya
  • Miftakhul Jannah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61024

Keywords:

Online impulsive buying, jenis kelamin

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh kemajuan teknologi yang membawa perubahan mode belanja dari yang sebelumnya offline store menjadi online store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan online impulsive buying ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 240 individu di Universitas X di Kota Surabaya, Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel harus memiliki kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu pengguna aktif e-commerce. Instrumen yang digunakan adalah Impulsive Buying Scale berjumlah 13 aitem pernyataan menggunakan Google Formulir. Teknik analisa data menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor kecenderungan online impulsive buying antara laki-laki dan perempuan. Skor rata-rata yang didapatkan oleh perempuan lebih tinggi (41,95) daripada skor yang didapatkan oleh laki-laki (39,34). Temuan lain dalam penelitian ini adalah kecenderungan online impulsive buying pada laki-laki dan perempuan berada dalam kategori sedang. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa online impulsive buying lebih sering dialami oleh perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Miftakhul Jannah, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Psikologi di Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Rinonce, E. M., & Jannah, M. (2024). Kecenderungan Online Impulsive Buying Ditinjau dari Jenis Kelamin. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 156–164. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61024
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 26

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.